Sabtu, 02 Maret 2013

Sejarah SMAN 4 OKU

http://www.kaskus.co.id/group/group_icon/5972


Secara geografis SMA Plus Negeri 4 OKU terletak di Jalan Padat karya Air Paoh Desa  Sekar Jaya Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan komering Ulu propinsi Sumatera Selatan.

SMA Plus Negeri 4 OKU merupakan salah satu dari sepuluh SMA Unggul yang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Kakanwil Depdiknas Propinsi Sumatera Selatan Nomor : 129/11.07/2000, tanggal 13 januari 2000 tentang pembuatan SMU Unggul di 10 (sepuluh ) Kabupaten / Kota di Sumatera Selatan. Menjalankan kegiatan pembelajaran mulai tahun pelajaran 1999/ 2000 dengan Plt Kepala Sekolah Drs. Ramdani. Sebagai sekolah Unit Gedung Baru, sekolah ini tidak serta merta dapat melaksanakan program unggulan yang diamanatkan pada tahun pertama berdiri. Akan tetapi baru pada tahun kedua,  mulai menerima kelas unggulan itupun hanya satu kelas.


Perjuangan yang gigih terus diupayakan untuk terbentuknya sistem, proses, dan pengelolaan sekolah sebagaimana yang diharapkan. Sebagian dari upaya yang bersungguh-sungguh itu diantaranya: Pertama, penyelenggaraan sistem Penerimaan Siswa Baru yang dilakukan melalui prosedur seleksi NEM, pelaksanaan ujian secara tertulis, dan wawancara seputar motivasi/komitmen. Kedua, melaksanakan perekrutan tenaga guru/pendidik melalui pendekatan prestasi dan profesionalisme. Dalam prosedur ini, Kepala Sekolah hanya memberikan rekomendasi/pernyataan kesiapan menerima guru pindahan yang memiliki catatan prestasi dalam bidang pembelajaran yang selama ini dilaksanakannya. Ketiga, melakukan berbagai pendekatan baik secara vertikal ke lembaga atasan, maupun secara horizontal kepada elemen masyarakat, dalam upaya pemenuhan sarana pendukung pembelajaran, misalnya ke beberapa BUMN setempat, atau melalui Komite Sekolah. Keempat, melaksanakan berbagai terobosan dalam peningkatan pengelolaan kegiatan pembelajaran, termasuk di dalamnya penyelenggaraan KBM dengan model “moving class” dan pelaksanaan pembinaan Pengembangan Diri secara terstruktur dan terorganisasi. Kelima, memberikan bantuan dan dukungan bagi guru maupun siswa yang mengikuti program peningkatan kecakapan diri seperti: perlombaan, pelatihan, penelitian, dan unjuk kreatifitas (pameran).

Buah dan hasil dari upaya tersebut, tercermin dari catatan yang sudah ditorehkan SMA Negeri 4 OKU. Walaupun baru menjalankan fungsi dan peranannya di tahun 1999, akan tetapi catatan prestasi sekolah secara keseluruhan sudah dapat mengimbangi sekolah lain yang sudah puluhan tahun berdiri. Bahkan menurut data dalam 5 (lima) tahun terakhir, SMA Negeri 4 OKU selalu mendominasi kejuaraan multi kegiatan yang dilaksanakan di Tingkat Kabupaten OKU. Dengan harapan, ke depan tentunya kiprahnya dapat diperluas baik di tingkat provinsi maupun tingkat nasional dan internasional.

Sejak dimulai kepemimpinan oleh Bapak Drs. Ramdhani sebagai Pelaksana Tugas Kepala Sekolah (1999-2001), dilanjutkan berturut-turut oleh kepemimpinan Bapak Syukri, S.Pd (2001-2004), Bapak Drs. Supratman (2004-2005),Ibu Dra. Siti Sminah (2005-2010 ), bapak Yaman MPD (2010-2013), dan sekarang sedang di pimpin oleh bapak Hafazuddin SPd. (2013-Sekarang) SMA Negeri 4 OKU telah meluluskan siswa-siwi unggulan.

SMA Negeri 4 OKU terus berbenah diri. Melakukan penertiban administrasi, meningkatkan status akreditasi, dan memacu peningkatan prestasi. Sungguh bukan  merupakan perjuangan yang mudah, apalagi sudah menyangkut reformasi diri.

Setidaknya ada 5 (tahapan) tindakan yang telah diambil sekolah, sebagai bagian dari reformasi itu. Pertama, membangun komunikasi yang harmonis antar personal dan warga sekolah, karena terciptanya hubungan yang harmonis akan mendatangkan pemikiran-pemikiran baru yang konstruktif dan saling mendukung.  Gagasan pimpinan mendapatkan dukungan dari personal di bawahnya, demikian pula gagasan arus bawah, dapat diakomodasi oleh pimpinan. Kedua, pendelegasian tugas berbasis kompetensi. Maksudnya dalam membagi tugas pembinaan, selalu dipandang atas dasar latar belakang dan kemampuan dari yang bersangkutan. Tugas, tidak ditempatkan sebagai sebuah pemerataan, melainkan sebagai amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Ketiga, intensifikasi waktu pembinaan. Maksudnya, perlu waktu khusus yang terencanakan dengan baik agar sebuah aktifitas pembinaan siswa dapat mencapai target yang diinginkan. Perlu kesungguhan dalam mengolah sebuah pekerjaan. Keempat, keterbukaan ruang dan waktu melaksanaan tindak lanjut pembinaan. Hal ini didasarkan bahwa untuk memotivasi dan mengappersepsi pola fikir peserta didik terkadang diperlukan pendekatan personal dalam suasana santai dan tidak kaku. Sehingga gagasan dan keinginan peserta didik dapat dieksploitasi. Dan kelima, memberikan penghargaan/hukuman yang disesuaikan dengan kualitas dampak masing-masing. Yang menunjukkan kinerja  positif diberikan penghargaan (pujian, motivasi, santunan, hadiah). Pada sisi lain, yang menunjukkan pencitraan buruk, kepadanya diberikan hukuman (teguran, peringatan, konferensi kasus, sanksi administratif). Dampak dari pelaksanaan strategi ini, SMA Negeri 4 OKU, saat ini menjadi sekolah yang diperhitungkan, baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat provinsi bahkan nasional.(Humas)

 

1. Prestasi Sekolah
a.   Satu-satunya SMA di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang Terakreditasi A (Amat Baik)

b.    Berpredikat Sekolah Berbasis Lingkungan (SBL) Tingkat Nasionl Tahun 2004.

c.    Juara I Lomba Keberhasilan Sekolah Tingkat Kabupaten OKU Tahun 2006.

d.    Juara I Sekolah Sehat Tingkat Kabupaten OKU Tahun 2006.
 
e.    Juara I Lomba Kebersihan Sekolah  Tingkat  Kabupaten OKUTahun 2007

f.    Pusat Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) untuk Mata Pelajaran Matematika, TIK, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, dan Pendidikan Kesenian, dan Forum Ilmiah Guru Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu.

g.     Pelopor Penyelenggaraan Kegiatan Pembelajaran dengan Model Moving Class di Kabupaten OKU. (sejak Tahun 2006)

h.    Peraih Penghargaan SMA Berprestasi di Bidang Pendidikan, Seni, dan Olah raga Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu, Tahun 2008.

 

2. Prestasi Guru
a.    Pemenang Penghargaan ”Indonesia-Toray Jepang”, sebanyak 2 kali  Bidang Fisika Tahun 2004 dan Tahun 2006 . (Wahyu Eko Romadhon, S.Pd dan Jumiati, S.Pd)

b.    Peserta Pameran Pendidikan Internasional di Jepang, Tahun 2006. (Jumiati, S.Pd)

c.    2 kali Finalis Lomba Keberhasilan dan Inovasi Pembelajaran Guru Tingkat Nasional, Tahun 2005 dan Tahun 2006. (Wahyu Eko Romadhon, S.Pd dan Annerlie Putri Agung, S.Pd)

d.    5 kali Finalis Seleksi Guru Berprestasi Tingkat Povinsi Sumatera Selatan, memperoleh Peringkat II sebanyak 2 kali dan Peringkat III sebanyak 3 kali, Tahun 2001,  Tahun  2002, Tahun 2003, Tahun 2005, dan Tahun 2007. (Susmadiana, S.Pd, Agus Sudiana, S.Pd, Nur Isnaini Taufik, S.Pd, Wahyu Eko Romadhon, S.Pd., Ibnu Sodik, S.Ag)

e.    Juara III Lomba Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, tahun 2005. (Jonizar, S.Pd)

f.    5 kali menjadi Juara I Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten OKU dan 1 kali menjadi Juara II, Tahun 2001, Tahun 2002, Tahun 2003, Tahun 2005, Tahun 2007. (Susmadiana, S.Pd, Agus Sudiana, S.Pd, Nur Isnaini Taufik, S.Pd, Wahyu Eko Romadhon, S.Pd., Ibnu Sodik, S.Ag, Jumiati, S.Pd)

g.    Pemenang Harapan II Lomba Karya Tulis Ilmiah Berintegrasi Imtak Tingkat Nasional Bidang Matematika, Tahun 2006. (Nur Isnaini Taufik, S.Pd)

h.    Instruktur Matematika SMA Tingkat Nasional (Alumni Diklat Instruktur PPPTK Matematika Yogyakarta) Tahun 2005 dan Tahun 2006. (Agus Sudiana, S.Pd)

i.     Pemenang III Lomba Karya Tulis pada Forum Ilmiah Guru Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ulu, Tahun 2006. (Nur Isnaini Taufik, S.Pd)

j      Master Trainer Bidang Pembelajaran Berbasis ICT Tingkat Provinsi  Sumsel dan Kabupaten OKU, Tahun 2008. (Sri Andriani, S.Pd)

k.    Tim Pengembang Kurikulum SMA Se-Kabupaten OKU Bidang Matematika, Pendidikan Agama Islam, dan TIK (Komputer) dan menjadi narasumber pada setiap Workshop Kurikulum, Tahun 2005 s.d. tahun 2008. (Ibnu Sodik, S.Ag, Agus Sudiana, S.Pd, Sri Andriani, S.Pd)

l.     Finalis Lomba Indonesia-Toray Jepang Bidang Biologi Tahun 2008. (Sri Andriani, S.Pd)

 

3. Prestasi Siswa
Data yang ditampilkan, Tahun 2006-2008
a.    Juara III Tk. Propinsi   Lomba Siswa Berprestasi atas nama Mitra Larasatyi Adamy, Tahun 2006

b.    Peserta Pertikabumi Tk. Nasional di Cibubur a.n. Lisia Prajawati dan Fitki Oktaria, Tahun 2006.

c.    Peserta Jambore UKS Tk. Nasional di Malang Jawa Timur a.n. Ahmad Dedat, Tahun 2006.

d.    Juara I Tk. Propinsi Lomba Karya Ilmiah yang diadakan oleh BALITBANGDA Propinsi Sumatera Selatan a.n. Yanti Kumalasari dan Risca Abimuyasari, Tahun 2006.

e.    Juara I Lomba Mata Pelajaran Bhs. Indonesia Tk. Kabupaten a.n. Mitra Larasati Adamy, Tahun 2006.

f.     Juara I Lomba Pidato Bhs. Inggris di UNBARA a.n. Fadhillah Silviana Putri, Tahun 2006.

g.    Juara I Lomba Baca Puisi di UNBARA a.n. Rissa Nino Fastapy, Tahun 2006.

h.    Juara I Lomba Debat Bhs. Inggris di Dinas Pendidikan Kab. OKU a.n. Rohmatullaili, Antoni Costa dan Azali Almi Batrou, Tahun 2006.

i.     Juara Harapan III Tk. Propinsi Olimpiade Biologi a.n. Mitra Larasati Adamy, Tahun 2006.

j.     Juara I Tk. Propinsi Lomba Tari a.n. Istika Liana dan Wike Verawati, Tahun 2006.

k.    Juara I Tk. Kabupaten Lomba Gerak Jalan Puteri ( PASKIBRA ), Tahun 2007.

l.     Duta Remaja Sehat Tingkat Nasional, a.n. Ahmad Dedat,  Tahun 2007.

m.   Juara I Lomba Tutur Cerita Rakyat Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, a.n. Eka Yuninda, Tahun 2007.

n.    Juara II Lomba Mengarang Tingkat Provinsi Sumatera Selatan dan Juara I Tingkat Kabupaten OKU,  a.n. Susi Marlina, Tahun 2007

o.    Lomba Menulis Surat untuk Ibu yang diadakan oleh FSLDK Kabupaten OKU a.n. Isnadya Nabaatin, Tahun 2007.

p.    Juara I English for Fun yang diadakan oleh FLSDK Kabupaten OKU an. Agus Sutopo, Nanda Adi   dan M. Ichsan Ralendy, Tahun 2007.

q.    Juara I Lomba Cipta Puisi di AKMI Baturaj an. Suci Rahmadanti, Tahun 2007

r.     Juara I  Pencak Silat Putri pada POPDA Kab. OKU Tahun 2008 an. Jeaniver Juliani K, Tahun 2007

s.    Juara I  Pencak Silat Putri Kelas B pada POPDA Kab.OKU an. Msy.Vidia Silviani, Tahun 2007.

t.     Juara I Pencak Silat Putra Kelas F pada POPDA Kab.OKU an. Fasha Qarie Barda, Tahun 2007.

u.    Juara I Lomba Tari Kreasi Modern pada HUT OKU Ekspres an. Melia Putri dkk., Tahun 2007.

v.    Juara  I Loma Tari pada HUT Sanggar VMG dan Peringatan HARDIKNAS Tahun 2008, tahun 2007.

w.   Juara I Lomba Debat Bhs. Inggris pada Peringatan HARDIKNAS 2008 an. Ruri
Sukmaning  Asri, Bagustio    Arditya dan Qudus Silman, Tahun 2007.

x.    Mendapat 5 Juara I, 2 Juara II dan 2 Juara III pada Olimpiade Sains Nasional
Tk.Kabupaten  OKU, Tahun 2007.

y.    Juara I Lomba Yel-yel Terbaik pada Lomba PBB Bupati Cup ( PASKIBRA ), Tahun 2007

z.    Juara Harapan III Lomba dan Presentasi Karya Ilmiah Tk. Nasional yang diadakan oleh FISIP
Universitas Padjajaran Bandung an. Agus Sutopo, Ruri Sukmaning Asri dan Yuqita  Miria,  Tahun 2007

aa. Juara I Presentasi dalam Workshop Karya Tulis Ilmiah oleh BALITBANGDA Propinsi Sumatera Selatan an. Andi Pranata dan Rikki Andarfian Saputra, Tahun 2007.

ab. Juara II Poster dalam Workshop Karya Tulis Ilmiah oleh BALITBANGDABidang Matematika Propinsi Sumatera  Selatan an. Rani Haerani dan Ivanya Meisya Indah, Tahun 2007.

ac. Lomba Presentasi Bhs. Inggris yang diadakan oleh MEC Baturaja an. Nanda Adi Pradana, Tahun 2007.

ad. Mendapat 6 Juara dalam Olimpiade Olahraga Tk. Kabupaten OKU untuk cabang Tenis Meja dan Bulu Tangkis, Tahun 2007

ae. Mengirimkan beberapa siswa mengikuti POPDA Tk. Propinsi di Palembang, Tahun 2007.

af.    Juara I Siswa Berprestasi Putra Tahun 2008 Tk Kabupaten OKU, a.n. Agus Sutopo

ag. Juara II Siswa Berprestasi Putra Tahun 2008 Tk.Kabupaten OKU an. Nanda Adi Pradana

ah. Juara I Siswa Berprestasi Putri Tahun 2008 Tk.Kabupaten OKU an. Isnadya Nabaatin

ai.     Juara Harapan II Siswa Berprestasi Putri Tahun 2008 Tk. Kab.OKU an. Aslama Puji Astuti

aj.     Juara I Tarian Kreasi Festival Seni Budaya Prov. Sumsel

ak. Juara III Musik Pengiring Tarian Kreasi Festival Seni Budaya Prov. Sumsel

al.     Juara III Pencaksilat Putri Kategori Seni  POPDA Sumsel

am. Juara III Pencaksilat Kelas B Putri POPDA Sumsel

an. Peserta Raimuna Nasional Gerakan Pramuka di Cibubur Jakarta.

ao. Juara III Lomba Lukis Remaja di Dinas Pariwisata Kab. OKU HUT RI ke-63 Th. 2008

ap. Juara Hrpn. I Lumba Lukis Remaja di Dinas Pariwisata Kab.OKU HUT RI ke-63

aq. Juara I Cepat Tepat HUT RI ke-63 Th.2008 di Dinas Pendidikan Kab. OKU

ar.    Juara III Lomba Dakwah/Ceramah Agama se Kabupaten OKU Tahun 2008.

as.   Juara II dan III Lomba Nasyid Putra se Kabupaten OKU, Penyelenggara oleh LDK Kabupaten OKU, Tahun 2008.

at.    Juara I dan II Lomba Nasyid Putra se Kabupaten OKU, Penyelenggara oleh Ogan Voice Baturaja, Tahun 2008.

au. Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Online Tingkat Nasional Tahun 2008.

av. Duta Paskibraka Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (2 orang) dan Tingkat Kabupaten (3 orang) Tahun 2008

aw. Juara I Gadis OKU a.n. Restu Ayu, Tahun 2008.

ax.  Juara I Senam PKS Tingkat Kabupaten OKU di Polres OKU Tahun 2008.

ay.  Duta Jambore Pramuka Asia Pasific di Cibubur Jakarta an, Devitasari Tahun 2008.

az. Rohis Terbaik  Kabupaten OKU, Penilaian Oleh Tim Gabungan Depag,Tahun 2008.

ba. Juara I Kuis Siapa Berani dari FSLDK Kabupaten OKU Tahun 2008
 Ikuti Terus Perkembangan Informasi Tentang SMAN 4 OKU!

 

3 komentar: